Sunday 7 January 2018

Cara menggunakan Rufus untuk bootable Flashdisk

Hari ini saya akan membahas satu aplikasi untuk membuat bootable flashdisk yang menurut saya aplikasi ini adalah aplikasi yang paling mudah cara menggunakan nya, dan sangat berguna bagi sobat yang inign melakukan instal ulang pc/laptop dengan menggunakan bootable dari flashdisk mengingat sekarangn banyak yang memilih menggunakan flashdisk dari pada menggunakan DVD karna tidak semua jenis laptop/pc memiliki perangkat DVD room.
software ini memang tergolong kecil hanya 900kb tapi mempunya fungsi yang luar biasa, sobat bisa membuatnya lewat file ISO di folder  meski tidak memiliki CD/DVD installer windows.
Membuat bootable flashdisk memang lebih peraktis dan lebih aman hanya saja harga flashdisk lebih mahal ketimbang dengan membeli DVD kosong.

Cara menggunakan Rufus untuk membuat bootable flasdisk

Dibagian ini adalah cara menggunakan rufus untuk membuat bootable flashdisk, sobat hanya perlu sebuah flashdisk kosong karna jika flashdisk sobat berisi file file itu semua akan di format, dan sobat sudah mempunya file ISO windows  yang akan di bikin bootable flashdisk.

  1. Pertama sobat download Rufus nya terlebih dahulu, sobat bisa mendownload nya di artikel saya sebelum nya disini.
  2. Colokan flashdisk usb yang akan sobat gunakan untuk membuat bootable usb.
  3. ketika software ini sobat jalankan maka otomatis rufus akan mendetaeksi flashdisk sobat, flashdisk akan muncul di kolom Device .
  4. selanjutnya silahkan rubah fie system yang digunakan dari FAT32 menmjadi NTFS namun jika flashdhisk sobat sudah berformat NTFS sobat tidak perlu merubahnya, jangan lupa centang Quick Format agan proses formating nya berlangsung cepat.
  5. langkah selanjutnya ada memlilih file instalasi windows yang digunakan, jika file iso sudah siap silahkan centang opsi "Create a bootable disk using" lalu pililh iso image pada menu drop-down disampingnya, selanjutnya klik icon optical drive yang ada di samping nya lalu pilih file iso yang akan sobat gunakan.
  6. jika sobat merasa pengaturan sudah benar sobat tinggal klik tombol start untuk memulai proses pembuatan bootable usb dan tunggu sampai proses nya selasai.
  7. sebelum melakukan instalasi windows pastikan sobat sudah melakukan pengaturan di bios agar dapat membaca flashdisk ketika melakukan booting.

sekian untuk tutorial kali ini, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon