Tuesday 13 February 2018

Review Laptop 7 JUTA bisa PUBG! - Acer A515-41G

Ini adalah sebuah laptop yang tidak ditargetkan untuk pasar geming tapi punya kapabilitas untuk kebutuhan gaming di tahun 2018.

laptop ini hadir dikisaran harga 7 jutaan untuk yang berkapasitsa 8gb, keseluruhan bodynya di dominasi oleh plastik dengan build kuality yang baik dengan fhinising dengan garis garis kecil yang cukup detail dibagian atas.

tidak sampai disitu di bagian dalam juga juga diberikan fhinising aluminium brash metal yang membuatnya terkesan mewah dan lagi sentuhan kecil garis crome kecil tipis yang mengelilingi sudut sudutnya.
ditambah lgai ada laumunium silver yang dibagian inch yang menegaskan identitas dari laptop ini.


untuk membuka layarnya sendiri cukup nurut dan dia bisa ditekuk hingga 180 drajat, dia punya berat 2,2kg dengan dimensi 38.1x26.3cm dengan tebal yang cukp tipis untuk laptop sekelasnya.

untuk urusan port dan konektor dia dibekali dengan.
disebelah kiri ada :
  1. Kensington lock.
  2. 1x USB 3.O 
  3. 1x USB 2.O
  4. Network  (Rj 45)
  5. HDMI
  6. 1X USB 3.1 Gen 1 type-C
  7. Micro SdCard Reader 
  8. Charging port
disebalah kanan ada :
  1. Charging port
  2. 2x USB 3.O
  3. audio jack
keybooardnya hadir dengan full load yang tresponsip dan juga dengan fill yang tektail untuk pengalaman mengetik di laptop ini cukup menyenangkan walaupun tanpa backlight yang terkadang diperlukan untuk sebuah laptop untuk mengetik di tempat yang gelap.

trackpadnya diposisikan lebih kekiri yang akan menguntungkan merekan yang menggunakan tangan kanan sehingga ada tempat untuk meletakan tangan dibagian kanan yang kosong tombol klik kiri dan kanan nya dibuat tersembunyi dibagian bagian bawah sehingga trackpad yang cukup besar ini memiliki space tracking yang lebih luas lagi trackpadnya sendiri cukup presisi dan responsip.


berlanjut ke multimedia ia dibekali dengan internal mic yang dipasangkan dengan sebuah webcam dengan resolusi HD 1280X720 30fps yang hasilnya cukup standar seperti pada laptop umumnya.

layarnya cukup OK dengan resolusi 15,6" dengan rsolusi HD 768p yang cukup lega untuk mengetik, nonton ataupun gaming tidak buruk juga tidak jelek view anggelnya juga cukup signifikan sudah lebih dari cukup untuk setiap peser yang di bayarkan.

speakernya dibenamkan disudut kiri dan kanan dibagian bawah pada saat dipakai posisinya juga cukup dekat dengan pengguna, audio yang dihasilkan cukup keras treablenya sangat dominan dengan bass yang cukup terasa.

dengan baget 7 jutaan yang sobat dapatkan dilaptop ini adalah HDD 1 terabyte yang cukup mudah diakses dengan kecepatan rata-rata 7mbps.


Ram 8GB ddr4 2133mhz dari adata yang juga dapat diakses dengan mudah dan dapat diupgrade hingga maksimal 16GB, penggabungan performa antara cpu dan gpu adalah sebuah cara menghadirkan sebuah performa yang cukup mumpuni di laptop baget.

Acer A515-41G menggunkan processor Amd A12-9720P yang disandingkan dengan Radeon Rx540 tetapi perlu digaris bawahi laptop laptop murah dari Amd bukanlah untuk mereka yang suka dengan keperaktisan untuk dapat mengaktifkan Rx540 dilaptop ini diperlukan amd crimson relive versi 18 ke atas dan mengaktifkan opsi high performace pada sofware yang akan digunakan jadi jika opsi high performance tidak diaktifkan maka yang bekerja hanya processor.

perpaduan keduanya mampu memberiakan performa yang menyamai sbuah pc desktop, di 3D mark yang mampu memberikan score 3115 yang serupa score pc dengan baget 6 jutaan. 

buat yang punya kebutuhan video editing 1080p kebawah dengan efek tansisi standar yang mampu memberikan preview yang hampir tanpa lag, saat digunakan me-render video 1080p menjadi 720p yang berdurasi 5 menit ia menuntaskan render dengan waktu 21 menit, cukup lumayan untuk yang punya editing ringan dengan seperti ini.

untuk kualitas gaming yang ditwarkan cukup bikin lega walau dengan kualitas verylow dan framerate pas-pasan untuk bisa masuk katagori playable, di PUBG dan hybride antara A12 dan Rx540-nya mampu menghasilkan rata-rata 40 fps, tidak disangka sangka render bangunannyapun cukup cepat, cukup playable walau sesekali terjadi kemungkian lag, anggap saja bisa bermain PUBG sebagai bonus.

game yang kedua ada GTA V dengan setting normal yang mampu menembus fps tertinggi hingga 71 fps dengan rata-rata 45 fps, gameplay nya sangat playable tidak patah-patah apalagi missing texture.

soal mobilitas ia dibekali dengan battery 3220mAh yang bisa bertahan sekitar 7 jam untuk pemakaian ringan dan bertahan skitar 2 jam untuk gaming opsi high performance.

trakhir soal system pendinginan yang dimilikinya pun cukup baik pentilasi panas yang di berikan cukup banyak dibagian bawah untuk satu buah blower dan satu buah untuk heat pipe didalamnya, pada saat full load system penginginan ini mampu meredan cpu dan gpu maksimal hingga 60 drajat, cukup baik untuk laptop dikelasnya.

untuk uang 7,5jt sobat bisa mendapatkan laptop dengan build quality yang solid dengan desain  simple dan sangat detai, layar 15,6" yang cukup lega untuk bekerja, editing, multimedia dan gaming.

trackpad yang luas dan presisi untuk navigasi, keyboardnya nya nayaman untuk mengetik bahkan juga untuk gaming.

bagi saya tidak ada komplen yang cukup brarti untuk laptop ini, saya rasa ace sudah melakukan kerja yang baik pada laptop ini, tidak disagka sangka ini adalah laptop terbaik dibaget 7 jutaan.

bagaimana sobat tertarik untuk membelinya?
jika ada yang kurang silahkan sobat tulis dikolom komentar dibawah.


EmoticonEmoticon