Sunday 21 October 2018

7 Fitur Baru Ubuntu 18.10

Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish sekarang sudah di rilis, dan buat kamu yang penasaran apa saja fitur barunya, mari kita bahas bersama.

Tampilan baru: Yaru!
Fitur pertama yang paling keliatan begitu update ke ubuntu 18.10 adalah tampilan baruya. Di versi ini Ubuntu punya tema baru yang bernama Yaru. Ini adalah tema buatan komunitas, yang sebenarnya direncanakan hadir ke Ubuntu Bionic Beaver kemarin, tetapi karena belum siap akhirnya dihadirkan ke Cosmic Cuttlefish sekarang.

Tema ini membuat tampilan Ubuntu lebih fresh dengan lock screen baru, juga deretan icon yang baru. Buat kamu yang suka tampilan gelap, Yaru juga hadir dalam versi dark mode, yang bisa kamu aktifkan melalui aplikasi Gnome Tweaks. Thema, ataupun Appearance.

Performa Kencang

Fitur kedua yang juga langsung kerasa bagitu pake Ubuntu 18.10 ini adalah peningkatan performa, jadi dibandingkan dengan Ubuntu 18.04 LTS sebelumnya kecepatan booting sedikit meningkat sekitar 10% lebih cepat, efek animasi semakin mulus, dan overall experience saat dipake lebih ringan.

Gnome 3.30

Fitur baru ketiga sekaligus salah satu alasan kenapa experience desktop Ubuntu terasa lebih mulus adalah karena sudah menggunakan Gnome 3.30 terbaru. Diversi ini memang performa Gnome banyak ditingkatkan dengan menggunakannya, maka berbagai fitur baru di Gnome 3.30 juga di usung ke Ubuntu 18.10.

Misalnya saja di setting kamu bakal menemui opsi pengaturan devices Thunderbolt, dan buat kamu yang gak puas dengan volume musik 100% sekarang ada opsi untuk meningkatkan volume hingga diatas 100%.

Selain itu panel Setting juga lebih bersih, karena beberapa opsi yang device nya gak suport bakal disembunyikan. Misalnya saat ini saya pake Ubuntu di PC dengan internet kabel, maka opsi WIFI akan disembunyikan biar tidak memenuhi panel.

Disk sekarang juga bisa mount dan decrypt strorage yang di enkripsi oleh VeraCrypt dan tentu saja versi terbaru dari aplikasi di Gnome 3.30 seperti Calender dan Todo ikut diusung juga ke Ubuntu 18.10

Peningkatan Snap di Software Store

Fitur baru keempat,kali kamu buka software store sekarang ada peningkatan di Snap, Jadi sekarang ditampilkan secara detail verified publisher di listing snap app, dan berpindah dari chanel stable ke Beta dan Edge juga semakin mudah.

Dukungan Hardware

Fitur baru kelima, Ubuntu 18.10 ini menggunakan kernel Linux 4.18 yang sudah suport beberapa deretan hardware seperti GPU AMD Radeon Vega M, Qualcomm Snapdragon 845, Intel Canonnlake graphic, serta peningkatan di USB 3.2 dan type-C.

Baterai Lebih Awet

Fitur baru ke enam, ada banyak peningkatan di manajemen power saving Kernel Linux 4.18, jadi HDD controller, USB controlller dan yang lainnya bakal otomatis di turunkan power state nya saat tidak dipake.

jadi buat kamu pengguna Laptop, bakal merasakan peningkatan baterai di Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish ini.

Software Terbaru

Dan fitur ketujuh, Ubuntu 18.10 membawa versi terbaru dari berbagai software bawaan seperti Firefox 63, Thunderbolt 60, Libreoffice 6.1.2 dan yang lainnya.

Itulah dia 7 fitur baru di Ubuntu 18.10 yang menarik untuk kamu coba, dan versi ini bakal di suport sampe 9 bulan kedepan, jadi buat kamu ingin install, download aja ke situr resmi Ubuntu nya yang akan saya sediakan di akhir artikel ini.

Semoga Ulasa ini bermanfat buat kamu yang dual hoot Windows + Ubuntu, sampaikan saja di kolom komentar kalau mungkin kamu menemukan fitu baru yang saya lewatkan.

Download Ubuntu 18.10


EmoticonEmoticon