Sunday 28 January 2018

Cara convert partisi MBR ke GPT tanpa menghapus file atau memformat hardisk [TESTED on e5-475g-33dm]

REQUIRED WAJIB: Windows 10 build 15063 (Creators Update)
*DWYOR [Do With Your Own Risk]
*Harap dibaca sampai habis

SEDIKIT PENGETAHUAN…

Setelah kehadiran Windows 10 build 15063 a.k.a Windows 10 Creators Update, Microsoft menyematkan satu fitur istimewa, yakni kita dapat mengonvert model hardisk yang awalnya bermodel MBR (Master Boot Record) menjadi GPT dengan menggunakan tool bernama MBR2GPT.exe tanpa harus memformat hardisk dan sibuk-sibuk memindahkan data. Dengan segudang kelebihan hardisk model GPT (emang apaan kelebihan GPT dibanding MBR? googling aja gih), ane rasa perlu untuk share cara convert ke teman-teman semua. Tools ini hanya bisa dijalankan lewat command prompt (CMD), menurut pengalaman ane. Menggunakan GPT berarti menggunakan UEFI, maka setelah hardisk di convert ke GPT, maka teman-teman wajib set firmware (tekan tombol F2 saat booting) untuk booting dalam mode UEFI. Oke langsung aja berikut caranya.

LANGKAH-LANGKAH

1. Pastikan hardisk yang kamu gunakan masih bermodel MBR. Kalau sudah berformat GPT, ya tidak perlu lagi convert dan tidak perlu mengikuti semua cara ini, namun silahkan baca sampai akhir untuk menambah pengetahuan. Cara cek apakah hardisk kamu sudah GPT atau masih MBR adalah dengan: membuka disk management >> klik kanan di hardisk kamu (dalam hal ini, umumnya hardisk utama adalah hardisk 0) >> klik properties >> pilih tab volume. Lihat apakah yang tertera MBR atau GPT. Kalau MBR silahkan lanjut ke langkah selanjutnya.
2. Reboot ke mode cmd melalui settings >> update and security >> recovery >> pada advanced startup, klik restart now.
3. Setelah restart, pilih troubleshoot >> buka command prompt (cmd).
4. Ketikkan perintah berikut kemudian tekan enter dan tunggu hingga proses selesai
MBR2GPT /validate
ENTER
MBR2GPT /convert
ENTER
*kalau perintah di atas tidak bisa atau keluar error, coba gunakan baris perintah di bawah, kemudian tekan enter. *kalau setelah coba perintah di bawah ttp error, kemungkinan hardisk agan sudah bermodel GPT sehingga kalau sudah GPT dikonvert bagaimanapun ya error, karena sudah GPT dr asalnya
 MBR2GPT /allowFullOS /convert
5. Shutdown laptop acer agan, kemudian nyalakan kembali laptopnya dan tekan tombol F2 kemudian ganti booting menggunakan mode UEFI.
6. SELESAI
Laptop acer e5-475g agan akan berjalan seperti biasa dan tidak ada file yang hilang. Jangan kaget dengan hardisk usage 100% diawal awal menyalakan laptop Karena hardisk sedang beradaptasi dengan model partisi GPT yang baru.
TESTED ON: Acer Aspire e5-475g-33dm |i3-6100U|RAM 6GB|VRAM 2GB|
OS: Windows 10 build 15063 a.k.a Windows 10 Creators Update [WAJIB]
*MAAF TIDAK DISERTAKAN GAMBAR KARENA SAYA YAKIN USER DI SINI MENGERTI TULISAN ANE DI ATAS WALAU TANPA SS
*MOHON JANGAN BERTANYA HAL YANG SUDAH JELAS TERTULIS 😊
*SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT.

1 komentar so far

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
cobain open source project rancangan ane gan >

IT Tools Pack Solution

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi


EmoticonEmoticon