Sunday 28 January 2018

Pengertian & Efek Kalibrasi Baterai

A. Apa itu Kalibrasi Baterai ?
Baterai termasuk perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan daya. Baterai juga punya kapasitas. Kapasitas baterai tidak bisa dilihat secara langsung. Sistem operasi butuh software tertentu, seperti driver, untuk membaca level baterai sehingga kita bisa melihat berapa level baterai yang tersisa. Mulai dari 0% hingga 100%.
Secara teori, dengan berjalannya waktu maka software tersebut tidak akan se-akurat dalam menampilkan persentase baterai. Bisa saja level baterai aslinya masih 70% tapi terbaca 45% di layar. Oleh karena itu, kalibrasi sangat diperlukan untuk mengembalikan tingkat akurasi pembacaan level baterai.
B. Cara Melakukan Kalibrasi
Saya rasa sudah ada Doc di grup yang membahas tentang ini. Jadi skip aja
C. Apakah Efeknya ?
Efek yang diharapkan adalah pengukuran level baterai menjadi lebih akurat. Misalnya level asli baterai masih 80% ya terbaca 80% di layar perangkat.
D. Apakah Benar Membuat Baterai Lebih Awet ?
Kalibrasi baterai sama sekali tidak ada hubungannya dengan meningkatkan keawetan baterai. Mengapa? Karena kalibrasi hanya meningkatkan keakuratan pembacaan level baterai oleh software sehingga yang tampil di layar adalah benar-benar level baterai yang sebenarnya. Secara teori, kalibrasi bisa membuat baterai lebih cepat rusak bila dilakukan terlalu sering karena melibatkan pengosongan baterai. Baterai model baru seperti Lithium-Ion (Li-Ion) bila dibiarkan kosong akan semakin cepat rusak.


EmoticonEmoticon