Tuesday 20 February 2018

Pilih Processor INTEL atau AMD?

Kalau ada temen sobat yang nanya pilih intel atau amd, sobat suruh dia untuk mengunjungi www.kurniawan29.com karna disini saya akan sharing sedikit processor yang bukan best on brand amd atau intel tapi best on kebutuhan dan baget yang sobat punya.

hi sobat salamat datang kembali dengan saya, kali ini saya ingin sharing tentang proses pemilihan processor yang rasional best on baget yang sobat punya berapa dan apa kebutuhan sobat harapan nya setelah membaca artikel ini sobat bisa menentukan processor apa yang sobat buthkan dan bukan sekedar pilih amd atau intel.


 Apa yang harus diperhatikan sebelum memilih processor?

1. Apa tujuan sobat rakit pc? 

Gaming, editing, desain, multimedia, atau hanya buat sekedar office dan browsing? Tujuan ini penting untuk menentukan berapa CPU Core yang sobat butuhkan buat pc sobat, kalau mau gaming atau editing sebaiknya jangan pakai CPU Dual Core, atau sebaliknya kalau sobat cuma mau untuk browsing atau office jangan pakai CPU yang 8 Core=Mubazir.

2. Tentukan berapa CPU Core yang dibutuhkan.

Setelah sobat tau tujuan sobat rakit pc saatnya menentukan berapa banyak CPU Core yang sobat butuhkan buat tujuan sobat itu.

Sedikit tentang CPU Core. CPU Core itu adalah berapa banyak unit yang memproses data dalam 1 CPU. Jaman dulu CPU itu cuma punya 1 Core, jadi 1 unit buat memproses semua data. Jaman sekarang CPU itu sudah mulai multi processor atau multi Core, mulai dari Dual Core, Quad Core, dan seterusnya.

Berapa yang sobat butuhkan buat pc sobat? Mungkin biar ringkas saya bagi menjadi 3 kebutuhan.
  1. Office dan Browsing.
  2. Gaming.
  3. Editing.
Untuk Office dan browsing untuk pekerjaan ringan kaya gini sobat cuma butuh CPU dengan single Core atau Dual Core.

Untuk Gaming Sediri tergantung dari game requirement. Game-game agak lama mungkin masih bisa pakai Dual Core makin kemari game itu semakin di mending dalam CPU requirement nya standarnya si sebenernya kalo sobat mau gaming etlis sobat pakai Quad Core itu minimalnya.

PC untuk video editing memerlukan banyak core agar proses rendering berjalan dengan smooth CPU dengan 6 Core sampai 8 Core itu cukup untuk proses editing yang maksimal.

3. Kenali kelebihan & kekurangan dua brand CPU (AMD & INTEL)

Setekah sobat tau apa kebutuhan sobat dan kira kira berapa Core yang sobat butuhkan sekarang saatnya mengenal 2 brand CPU (AMD & INTEL) dua brand CPU ini saya akan kenalin spesifikasnya dan menentukan mana yang sebenernya cocok buat sobat.
  • AMD
Untuk processor AMD itu tersedia mulai dari 2 Core sampai saat ini ada yang 8 Core (AMD Ryzen 7 1800X)
  • INTEL
Mulai dari Dual Core sampai 18 Core (Core i9) dengan hyperthreading.

 Apa itu hyperthereading? Simplenya sebenernya virtual tambahan tapi itu akan saya di postingan lain.

Berarti untuk 3 kebutuhan utama yaitu gaming, editing dan office itu bisa sobat dapatkan dengan processor AMD ataupun INTEL tapi layaknya barang apapun yang ada didunia ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Nah berikut ini saya akan kabarin apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing brand yang mungkin bisa membantu sobat buat memilih brand ini.

4. Kelebihan AMD

Price to performance yang OK. Sobat bisa dapetin processor dengan 6 core dengan harga yang bersahabat.

Semua processor AMD itu unlock. Artinya semua processor AMD itu bsia di overclocking beda dengan intel yang hanya processor seri "K" yang bisa dioverclocking.

5. Kekurangan AMD

Pertama, ya sobat sudah pada tau lah AMD itu boros daya.
yang kedua performance per single nya itu tidak sebagus intel. Apa itu performance per single core itu mungkin akan saya bahas juga di artikel selanjutnya.

6. Kelebihan INTEL
  • Hemat Daya
Jadi kalo sobat convert masalah daya intel itu salah satu CPU yang mungkin cocok buat sobat.
  • Hyperthreading
Dibeberapa CPU intel itu terdapat fitur hyperthreading untuk menambah performance CPU.
  • Single Core Performance OK
Single core performance nya itu intel lebih baik dari AMD.

7. Kekurangan INTEL

Kekuranagn INTEL yang pertama adalah "Harganya mahal" itu aja.

yang kedua CPU intel hanya beberapa CPU saja yang bisa di overclock. Itu kekurangan dari intel.

OK kira-kira hanya itu yang bisa saya bahas tentang CPU, berdasarkan pembahasan di atas sekarang saya mau coba simulasiin proses memilih CPU berdasarkan baget dan kebutuhan.
  • Tentuin Tujuan sobat.
Tujuan saya adalah Gaming dan Editingg (Misalnya)
  • untuk gaming dan editing
berarti saya minimal perlu 4 Core atau lebih banyak lebih baik.
  • Karna saya perlu 4 core berarti saya minimal antara intel core i5 atauFX Vishera 6300.
Setelah saya lihat lagi ternyata yang masuk baget saya, misalkan baget saya 1,5 juta ternyata baget saya yang 1,5 juta itu adalah FX Vishera 6300.

Nah itu kira kira yang bisa saya share proses memilih CPU berdasarkan tujuan dan baget harapanya setelah membaca artikel ini tidak ada lagi pertanyaan "AMD apa INTEL yah?" saat sobat mau memilih processor.

OK kalau ada saran atau komentar silahkan sobat tulis di kolom komentar, jika sobat menyukai artikel saya silahkan sobat like dan share.


EmoticonEmoticon